Jumat, 24 Juli 2015

Bedah Bunga Dawa

 Akhirnya, setelah lama tertimbun di ubun-ubun, Komunitas Peduli Bahasa Ibu (KPBI) melanjutkan cita-cita yang setelah empat tahun tertunda. Pada Kamis, 23 Juli, bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Buku Antologi Puisi Karo Indonesia "Bunga Dawa" Karya Tariganu dibedah oleh para pakar bahasa dan budaya di Gedung Medan Club, Jalan RA. Kartini No. 36 Medan.

Perjalanan buku ini sendiri memiliki kisah yang menarik. Penuh suka dan duka. Mulai dari proses produksi, hingga empat tahun tahun kemudian dibedah sekaligus di perkenalkan ke khalayak ramai.

Digarap oleh Yayasan Bengkel Seni 78 bekerjasama dengan Paguyuban Kebudayaan Rakyat Indonesia (PAKRI), Buku ini meluncur pada 2011 lalu. Produksi buku ini telah diawali dengan niat tulus demi pengetahuan dan eksplorasi bahasa lokal. Sebagai sebuah proyek edukasi, awalnya, Pemerintah Kabupaten Karo berencana membantu persebaran buku ini ke perpustakaan sekolah di Kabupaten Karo. Sayang, di ujung cerita, seiring dengan peralihan kekuasaan di daerah pemerintahan tersebut, buku ini gagal dibagikan ke perpustakaan sekolah.

Pada tahun 2013, sekelompok anakmuda yang diisi sejumlah aktivis kemudian bertemu untuk membincangkan nasib buku ini. Para pemuda yang aktif di dalam Komunitas Peduli Bahasa Ibu (KPBI) kemudian mulai merencanakan digelarnya sebuah diskusi besar, mengingat buku karya Tariganu ini memiliki nilai edukasi yang tinggi. Sedikitnya ada 30 persen bahasa Karo yang telah hilang, kembali direvitalisasi dalam bentuk puisi. Maka para pemuda yang terdiri dari komposisi: Oki Teger Mahatidana Bangun, Hujan Tarigan, Ahmad Arief Tarigan, Averiana Br. Barus, Boy Kadri Tarigan, Randi Kandera br. Ginting, Mehaga Perangin-angin mulai rutin mengagendakan peluncuran dan bedah buku ini.

Bedah buku ini sekaligus menjadi monumen bangkit kembalinya generasi baru intelektual Karo.  














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan

Disclaimer

Selamat datang di C3 Hujan Tarigan. Semua tulisan yang ada di blog ini dapat diapresiasi secara bebas. Silakan mengutip sebagian atau seluruh tulisan asal dengan catatan menyebutkan nama penulis dan alamat Catatan Catatan Cacat. Terima kasih atas kunjungan Anda. dan jabat erat dari Saya.